https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUHFASILITAS DAN MEDIA BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR PADAMATA PELAJARAN EKONOMIKELAS XI DI SMA ISLAM SUDIRMAN BRUNO PURWOREJO | Laksono | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PENGARUHFASILITAS DAN MEDIA BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR PADAMATA PELAJARAN EKONOMIKELAS XI DI SMA ISLAM SUDIRMAN BRUNO PURWOREJO

Dwi Yuni Laksono

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  ada tidaknya  pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan media pembelajaran secara sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno tahun pelajaran 2013/2014. Penentuan sampel dengan tabel krejciedengan taraf kesalahan 5% dari populasi 95 siswa diambil sampel 75 siswa, menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakanangket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif.Berdasarkan analisis deskriptif penggunaan fasilitas belajar tergolong cukup (52%), media pembelajaran tergolong cukup (65,34%), dan prestasi belajar tergolong rendah (54,70%). Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa:(1) fasilitas belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 16% (thitung = 3,705; sig. <0,05). (2) media pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 37,80% (thitung = 6,611; sig. <0,05). (3) penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 96,90% (R=0,984; F=1127,015; sig. <0,05) sedangkan 3,1% dipengaruhi faktor lain.

 

Kata kunci : fasilitas, media pembelajaran, prestasi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: